Lingkar Kepala Bayi




hari ini saya ketemu kasus mikrocefali di daerah saya..
dia dirujuk ke puskemas dengan keluhan Berat badan tidak naik alias sama dengan Berat badannya dengan bulan lalu meskipun begitu tapi status gizinya masih normal. dan bayi tersebut apabila menangis dia akan mengalami kejang menurut pengakuan ibunya yang disampaikan oleh teman yang merujuknya.

setelah saya lihat.. "oh.. pantas".. saya berfikir seperti itu.. karna lingkar kepala bayi itu cuma 43.4 cm, dan bentuknya tidak bagus. menurut pengakuan ibunya, dia lahir dalam kondisi batok kepala tidak keras.

ya kemudian lebih baik saya rujuk ke tempat kesehatan yang lebih tinggi yaitu RS. biar ditangani sama ahlinya. itu lebih baik!!!

ngomong-ngomong tentang lingkar kepala, normalnya berapa sih??

ni grafiknya!! lihat aja!!


Gambar 1. Lingkar kepala perempuan dan laki-laki
(Nellhause G. Pediatrics 1968;41:106).

semoga bermanfaat!!

sumber : Link:http://idai.or.id/professional-resources/rekomendasi/pemantauan-ukuran-lingkar-kepala-dan-ubun-ubun-besar-2.html

Komentar

Postingan Populer